9 Aplikasi untuk Mengubah TEKS menjadi SUARA


Ternyata sudah sangat banyak software aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah Teks menjadi Suara (Text-to-Speech). Setidaknya ada sembilan aplikasi yang telah saya ketahui, berikut nama dan alamat website untuk mendapatkannya.

1. Advanced Text to Speech: http://rosecitysoftware.com

2. Text to Speech: http://text-speech.com

3. Text Speaker: http://deskshare.com

4. Text Aloud: http://nextup.com/textaloud

5. Flame Reader: http://flamereader.com

6. Natural Reader: http://naturalreaders.com

7. Indonesia Text to Speech: http://indotts.melsa.net.id

8. Text to Speech MP3 with Natural Voices: http://brothersoft.com

9. Text to Speech Maker: http://xrlly.com


Berikut saya jelaskan cara menggunakan software yang terakhir saja sebutkan.


1. buka layanan internet anda pada http://www.xrlly.com/ untuk menginstal Text to Speech Maker. Scroll layar ke bawah, lalu pilih [Download free trial]. Save file yang bernama textspeech.EXE. Setelah beres, jalankan file untuk menginstalnya.


2. Anda akan dihadang dengan boks registrasi alian anjuran untuk melakukan pembelian program secara online saat pertama kali menjalankannya. Untuk sekedar menjajal gratis, klik saja [Later]


3. Program akan terbuka. Sebelum mulai membaca, menyuarakan, dan melakukan konversi teks, lakukan pengaturan terlebih dahulu. Klik tombol [Options] di toolbar.


4. Tentukan dan atur lokasi (path) penyimpanan file audio hasil konversi, format output-nya (WAV, MP3, atau VOX), serta kecepatan dan volume saat teks dibaca. Klik [OK]


5. Cobalah untuk membaca teks yang anda ketikkan langsung (text string). Hapus teks contoh pada area teks di tab [Text], lalu tuliskan teks, Pendek saja, tidak perlu panjang-panjang. Untuk membacanya, klik tombol [Read aloud] di toolbar.


6. Bagaimana, lucu bukan? teks berbahasa indonesia akan terdengar aneh saat dibaca, karena setelan default pembacaan teks adalah bahasa inggris. Anda bisa membaca teks dari file dokumen. Klik [Open], lalu pilih file yang muncul di daftar, di sisi kiri, Pilih salah satu teks, lalu klik [Read aloud] juga.


7. Hasil pembacaan teks juga bisa disimpan atau direkam. Format dan lokasi simpannya sudah anda tentukan di awal. Sekarang tulis teks, lalu klik [Convert]. Proses konversi segera berjalan, dan muncul boks laporannya. Klik [OK]


8. Selain menulis langsung atau dari dokumen yang sudah tersimpan, coba juga untuk membacakan teks hasil comotan dari situs atau e-mail. Pakai cara gampang, yaitu dengan meng-copy-paste teks. Setelah teks terpilih, lalu [Paste]. Jika sudah, klik [Convert].


. Text to Speech Maker ini menggunakan teknologi Microsoft Speech API 5.1 SDK untuk mengonversi teks ke pembicaraan. Anda bisa menambahkan (menginstal) bahasa pilihan baru, dengan mengambilnya dari www.microsoft.com/reader/developers/downloads/tts.asp.


10. Bosan dengan hanya satu suara pria (Microsoft Sam), perkaya dengan suara lainnya. Ada suara wanita, anak-anak, bahkan robot. Cari di www.cepstral.com/downloads. Agar nyaman, sebaiknya anda membeli versi penuh program ini.


11. Cara menginstal suara tambahan, ada cara gampang. Tutup terlebih dahulu program Text to Speech Maker, klik dobel file suara (XPVoice.MSI) yang sudah anda download, buka lagi program, maka dua suara anyar akan muncul di menu pull-down pilihan suara. Selamat mencoba !!!

0 komentar:

Posting Komentar